Kegiatan GLS di Kelas Bawah Menggunakan Metode Read Aloud

Read Aloud adalah metode membaca untuk anak. Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelease dalam bukunya The Read Aloud Handbook.  Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling efektif untuk anak-anak, karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.

Metode Read Aloud saya coba praktekkan di dalam kelas dengan siswa kelas 1 (satu) ternyata sungguh sangat menarik dan membuat anak menjadi lebih fokus dalam menyimak, karena metode read Aloud atau membaca nyaring seakan-akan anak mendengarkan sebuah dongeng tapi gurunya memegang media yaitu buku cerita. Dengan menggunakan media buku cerita dapat mengajak anak untuk lebih menyukai membaca buku.

Cara membacakan buku yang tepat dapat merangsang anak untuk lebih menyukai buku, membangun imajinasi anak dan meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

Agar kegiatan GLS dapat terlaksana dengan baik harus ada kerjasama antara guru dan orang tua, karena waktu di sekolah sangat terbatas orang tua dapat membantu di rumah dengan membacakan buku cerita disela-sela waktu santai atau sebelum tidur.

Penulis: Nurhayati, S.Pd