SDN 1 Nagrikudul Tampil dalam Acara Angklung’S Day 2017  dI Gedung Sate Kota Bandung

Memperingati Hari Angklung Sedunia, Siswa-siswi Tim Angklung SDN 1 Nagri Kidul Purwakarta, Tampil dalam acara Festival Angklung’s Day 2017, di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu, 19 November 2017. Acara tersebut diprakarsai oleh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Saung Angklung Udjo, dan Keluarga Besar Bumi Siliwangi (Kabumi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Event Angklung’s Day 2017 dihadiri sekitar 6.000 peserta, mulai dari anak-anak TK hingga SMA di Jawa Barat, Adapun tema besar dalam festival Angklung’s Day 2017 adalah “ Karya Nyata Pemersatu Bangsa”. Festival tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar yang turut serta bermain angklung. Deddy Mizwar berharaf kebanggaan dan rasa memiliki terhadap angklung bisa terus ditumbuhkan pada generasi muda. Maka secara natural angklung akan terus tumbuh dan berkembang, sehingga menjadi salah satu kebudayaan yang unggul.
Pasca ditetapkannya angklung sebagai “Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Tepatnya pada 16 November 2010 angklung ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Bukan Benda di Nairobi, Kenya. Maka, sejak saat itu setiap tanggal 16 November diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia (Angklung’s Day).

Penulis :

Erni Asmawati